Kabupaten Merangin Jauh Tertinggal Soal Pendidikan

Kabupaten Merangin adalah termasuk Kabupaten yang terbesar di Provinsi Jambi wilayah barat, bahkan juga bisa dikatakan terbesar di Indonesia saat ini, itu diukur dari jumlah kecamatannya yang berjumlah 24 Kecamatan. Secara history Kabupaten Merangin yang dulunya Kabupaten Sarolangun Bangko yaitu gabungan antara Kecamatan Sarolangun dengan Kecamatan Bangko, karena ada pemekaran serta luasnya wilayah maka Kabupaten Sarolangun Bangko di pecah menjadi dua wilayah, Kecamatan Sarolangun menjadi Kabupaten Merangin sedangkan Kecamatan Bangko menjadi Kabupaten Merangin, itu terjadi sekitar tahun 1999.
Dari hasil pemekaran tersebut, yang dulunya Kecamatan Sarolangun adalah Kecamatan yang kecil kurang dengan sarana dan prasana serta secara infrastruktur pun masih jauh dari Kecamatan Bangko, namun setelah menjadi pemekaran, Kabupaten Sarolangun berkembang dengan pesat dari seluruh bidang, apalagi pada bidang pendidikan.
Kabupaten Sarolangun saat ini sudah memiliki Universitas yaitu Universitas Sarolangun, disamping itu Kabupaten Merangin masih jalan ditempat, itu dibuktikan dengan pendidikan yang ada di Kabupaten Merangin, sampai hari ini kabupaten Merangin belum mampu membuat Universitas, masih mengandalkan perguruan tinggi yang ada, tidak ada penambahan dan pengembangan pendidikan Tinggi di Kabupaten Merangin, padahal dulu Kabupaten Merangin merupakan pusatnya pendidikan di Provinsi Jambi wilayah barat, sampai-sampai orang dari Kabupaten lain kuliah di Kabupaten Merangin, namun saat ini Kabupaten lainnya sudah memiliki sekolah tinggi yang barangkali lebih baik dari Kabupaten Merangin.
Salah satu contoh lainnya bahwa Kabupaten Merangin ini masih tertinggal soal pendidikan, Kabupaten Bungo yang masih tetangga dengan Kabupaten Merangin, Kabupaten tersebut juga sudah ada Universitas, namanya Universitas Bungo, jadi jelas sekali bahwa Kabupaten Merangin masih jauh ketinggalan dari Kabupaten tetangga.
Saya selaku orang Merangin merasa iri dengan Kabupaten tetangga, yang sudah memiliki universitas dan lebih baiklah perkembangannya dari sisi pendidikan dari pada Kabupaten Merangin, padahal kalau dilihat dari PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Merangin cukup besar dari Kabupaten tetangga. Kenapa?
Ironis memang, pada saat ini belum ada program Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin untuk berencana membuat universitas atau pengembangan pada bidang pendidikan perguruan tinggi, saya melihat dari kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin masih sibuk dengan kegiatan-kegiatan rutinitas yang bersifat konvensional, tidak ada arah yang konkret pada bidang Pendidikan. Sampai kapan Merangin akan selalu seperti ini???

Categories:
    Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.
    ">Bangko