Laporan Bacaan Hasil Penelitian Kuantitatif

I.        Pendahuluan
Berdasarkan hasil bacaan, penulis menyampaikan bahwa penelitian yang dilaporkan ini ditulis dalam bentuk tesis salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister (S2) dengan judul ‘Kontribusi Minat Baca dan Pengetahuan Paragraf Terhadap Ketrampilan Menulis Berita Siswa SMA Negeri 1 Lubuk Alung’. Penelitian ini dilakukan oleh Aghfirli Syofyan, yang dilakukan pada tahun 2008, dengan menggunakan dana pribadi. Objek kajian yang merupakan lokasi penelitian dari penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Penelitian yang berbentuk tesis ini  telah disahkan oleh lembaga Konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP), dengan Dosen pembimbingnya yaitu Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd sebagai pembimbing pertama dan Dr. Ngusman Abdul Manaf, M.Hum sebagai pembimbing kedua, sedangkan Dosen Pengujinya adalah Prof. Drs. H. Zainil, MA, Ph.D, Dr. Novita Juita, M. Hum, dan Dr. Adnan Fardi, M.Pd. Penelitian ini memiliki halaman yang berjumlah 213 halaman dengan sampul berwarna kuning tua dan warna tulisan pada sampul berwarna hitam. Pada sampul depan terdapat nama karya, judul, logo universitas, nama peneliti dan nomor induk mahasiswa (NIM), tujuan penulisan tesis, nama lembaga, dan tahun penulisan.
Penelitian yang berupa tesis ini terdiri atas lima bab. Pada bab pertama yaitu pendahuluan yang berisikan tentang latar belakang penelitian ini dilakukan, Identifikasi, masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Pada bab kedua yaitu kajian pustaka, yang memuat teori-teori yang mendukung penelitian ini. Teori-teori tersebut adalah teori minat baca, paragraph, menulis berita, dan aspek-aspek keterampilan menulis berita. Kemudian pada bab ketiga yaitu metodologi penelitian, yang terdiri dari metode penelitian, populasi dan sampel, defenisi operasional, pengembangan instrument, teknik pengumpulan data, pengujian persyaratan analisis, dan teknik analisis data. Pada bab keempat yaitu hasil penelitian dan pembahasannya, yang memuat deskripsi data, pengujian persyaratan analsis, pengujian hipotesis, sumbangan relative, sumbangan efektif, diskusi dan pembahasan, serta keterbatasan penelitian. Selanjutnya pada bab kelima memuat simpulan, implikasi, dan saran.

II.        Laporan Bacaan tentang Karya Tulis Ilmiah (Tesis)
Pada bab pertama di bagian latar belakang, peneliti menjelaskan hal-hal yang menjadi alasan penelitian ini dilakukan. Alasan yang dikemukakan peneliti adalah peneliti melihat bahwa kemampuan menulis berita pada siswa sangat strategis yang merupakan modal besar bagi siswa untuk kecakapan hidup setelah menyelesaikan pendidikan nantinya. Kemudian peneliti mengidentifikasi masalah, yaitu variable yang mempengaruhi kemampuan menulis berita siswa, variable yang dimaksud oleh peneliti adalah  variable nonkebahasaan dan variable kebahasaan.
Kemudian peneliti membatasi penelitiannya pada minat baca untuk mewakili variable nonkebahasaan dan pengetahuan paragraph untuk mewakili variable kebahasaan. Selanjutnya Berdasarkan latar belakang, identifikasi masalah dan batasan masalah tersebut, maka peneliti merumuskan permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut:  
1.        Seberapa besarkah sumbangan minat baca siswa terhadap ketrampilan menulis berita.
2.        Seberapa besarkah sumbangan pengetahuan paragraf siswa terhadap ketrampilan menulis berita.
3.        Seberapa besarkah sumbangan minat baca dan pengetahuan paragraf secara bersama-sama terhadap ketrampilan menulis berita siswa SMA Negeri 1 Lubuk Alung.
Pada bab kedua bagian kajian pustaka yaitu membahas teori minat baca, dari teori-teori yang dikemukan dalam kajian pustaka, peneliti menyimpulkan bahwa minat baca adalah kecenderungan seseorang terhadap bacaan yang didasari rasa senang terhadap bacaan tersebut, hal itu dapat diamati dari (1) sikap subjek terhadap memilih kegiatan membaca (2) ungkapan tentang hal-hal yang diminati (3) respon subjek terhadap hal-hal yang mendorong minat (4) sasaran yang hendak dicapai dari dorongan minat, dan (5) teknik dalam mencapai hal diminati. Kemudian peneliti membahas tentang teori paragraph dan peneliti juga memuat syarat-syarat paragraph yang baik yang memenuhi criteria yaitu (a) kesatuan, (b) kepaduan, (c) keruntutan, dan (d) kecukupan pengembangan.
Selanjutnya, peneliti membahas tentang menulis berita dan aspek kemampuan menulis berita. Pada pembahasan mengenai menulis berita dan aspek kemampuan menulis berita, peneliti menjelaskan aspek-aspek kemampuan menulis berita yang terdiri dari bahan berita, sumber bahan berita, persyaratan bangun berita, nilai berita, dan bahasa berita.
Kemudian penelitian yang relevan dengan penelitian ini menurut peneliti ada empat :
1.    Penelitian yang dilakukan oleudih Didi Yulistio meneliti tentang ‘Sumbangan Minat Baca, kompotensi kebahasaan dan Kemampuan Penalaran Terahadap Kemampuan Menulis dalam Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Universitas Bengkulu’, tahun 1996. Dengan hasil penelitiannya adalah sumbangan minat baca secara efektif kemampuan penulis sebesar 11,404 %, pada sumbangan kompetensi kebahasaan sebesar 52,148 %, sedangkan sumbangan kemampuan penalaran kepada kemampuan menulis sebesar 17,117 %.
2.    Penelitian yang dilakukan oleh Daimun meneliti tentang Hubungan Minat Baca dan Kompetensi Kebahasaan terhadap kemampuan penulisan Menulis Siswa Kelas 2 SMA Negeri Kodya Bengkulu tahun 1997. Adapun hasilnya adalah korelasi minat baca dengan kemampuan menulis siswa r = 0,569 (0,01) dan korelasi kompetensi kebahasaan dengan kemampuan menulis siswa r= 0,458 (0,01).
3.    Penelitian yang dilakukan oleh Syanurdin meneliti tentang Sumbangan Minat Baca dan Penguasaan Sintaksis Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Mahasiswa Universitas Prof. Dr. Hazirin, S.H. Bengkulu Angkatan 1997/1998, tahun 2000. Hasilnya setelah dibuktikan dengan analisis korelasi dan regresi, bahwa hubungan minat baca dengan kemampuan menulis  hanya sebesar 0,32 %. Sumbangan pada Sintaksis terhadap kemampuan menulis eksposisi sebesar 13,69 % sumbangan minat baca dan penguasaan sintaksis secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis eksposisi sebesar 21,51 %.
4.    Penelitian yang dilakukan oleh Reflinda meneliti tentang Sumbangan Minat Baca dan Penguasaan Semantik Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman TeksBahsa Inggris Pada Jurusan Tarbiyah STAIN Bukit Tinggi, tahun 2004. Hasilnya penelitiannya setelah dianalisis melalui teknik korelasi dan regresi mengungkapkan bahwa sumbangan relative minat baca terhadap membaca pemahaman sebesar 10,5%. Sumbangan relative penguasaan semantic terhadap membaca pemahaman sebesar 25,4. Dan sumbangan relative minat baca dan penguasaan teknik semantik secara bersama-sama terhadap membaca pemahaman sebesar 30%.
Pada bab ketiga peneliti menjelaskan bahwa penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Peneliti mendeskripsikan data dari semua variable yang ada, yaitu minat baca, pengetahuan paragraph dan keterampilan menulis berita, yang secara korelasional penelitian ini berupaya mencari hubungan antara minat baca dan penguasaan paragraph dengan ketrampilan menuis berita, dari hubungan tersebut, akan dianalisis lebih lanjut untuk mencari besarnya sumbangan dari tiap tiap variable bebas terhadap variable terikat. seterusnya peneliti menentukan populasi  yang merupakan subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung dengan total jumlah siswa 324 orang, selanjutnya sampel penelitiannya ditentukan dengan teknik sampel Random. Pengambilan sampel dilakukan tidak berdasarkan jumlah populasi dari setiap kelas paralel, melainkan melalui cara acak murni, dari proses  random yang dilakukan peneliti menetapkan 81 orang responden yang menjadi subjek penelitian ini.
Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan tiga jenis data, yaitu data minat baca, data pengetahuan paragraph, dan data ketrampilan menulis berita. Data minat baca dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket, data pengetahuan paragraph dikumpulkan melalui tes bentuk pilihan ganda, sedangkan data ketrampilan menulis berita dikumpulkan melalui tes unjuk kerja.
Tata cara yang dilakukan peneliti dalam menganalisa data penelitian  adalah data yang diperoleh dari setiap variable dianalisis untuk menentukan kebenaran hipotesis yang telah dirumuskan peneliti. Analisis ini digunakan untuk melihat hubungan antara variable minat baca dengan ketrampilan menulis berita dan pengetahuan paragraph dengan ketrampilan menulis berita siswa, selanjutnya peneliti menganalisis sumbangan efektif terhadap variable terikat yang digunakan untuk mengetahui sumbangan parsial masing-masing variable bebas terhadap varia ble terikat, yang dikontrol salah satu variable bebasnya. Kemudian data diolah dan dianalisis dengan teknik korelasi dan analisis korelasi regresi ganda.
Selanjutnya pada bab keempat berdasarkan hasil analisis data, peneliti mengumpulkan data penelitian meliputi : (1) Deskripsi data variable bebas dan variable terikat minat baca, pengetahuan paragraph dan ketrampilan menulis berita, (2) Pengujian persyaratan analisis untuk menguji yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi antar variable bebas, (3) pengujian hipotesis, (4) sumbangan relative variable bebas terhadap variable terikat, (5) sumbangan efektif variable bebas terhadap variable terikat, (6) diskusi dan pembahasan, serta (7) Keterbatasan Penelitian.
Kemudian dari hasil bacaan, peneliti menetapkan hasil penelitiannnya yang menunjukan bahwa (1) Minat baca siswa berkontribusi secara signifikan (14,7%) tehadap ketrampilan menulis berita siswa, (2) Pengetahuan paragraph berkontribusi secara signifikasn (18,3%) terhadap ketrampilan menulis siswa, (3) Minat baca dan pengetahuan paragraph secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan (28,7%) terhadap ketrampilan menulis berita siswa.
Selanjutnya pada bab kelima peneliti menyimpulkan bahwa minat baca dan pengetahuan paragraph siswa merupakan dua factor yang dipercaya turut mempengaruhi keterampilan menulis berita siswa SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Dan juga peneliti menyarankan agar guru bahasa Indonesia memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap minat baca siswa serta tidak mengabaikan tingkat pemahaman siswa terhadap paragraph dalam upaya memaksimalkan ketrampilan menulis, khususnya menulis berita.

III.       Komentar
Berdasarkan hasil bacaan penulis memberi komentar yaitu :
1.    Peneliti tidak menjelaskan factor-faktor yang menyebabkan kurang minatnya baca siswa, baik pada latar belakang maupun pada kajian teori, karena kurangnya minat baca pada siswa  itu terbagi atas dua factor yaitu factor intrinsic dan factor ektrinsik, factor intrinsic karena siswa itu sendiri dan factor ektrinsik karena lingkungannya, termasuk juga di sekolah.
2.    Penggunaan teori yang digunakan oleh peneliti tentang menulis masih belum rinci sehingga pada kajian pustaka lebih pada penulisan berita, tidak menjelaskan langkah-langkah menulis, syarat-syarat menulis, serta   kemampuan yang berkaitan tentang menulis.
Kemudian penulis juga membandingkan penelitian ini dengan  penelitian lain yang hampir sama, penelitian yang dimaksud adalah salah satu penelitian yang relevan dari empat yang ditulis oleh peneliti, yaitu  penelitian yang dilakukan oleh Syanurdin berjudul ‘Sumbangan Minat Baca dan Penguasaan Sintaksis terhadap Menulis Eksposisi Mahasiswa Universitas Prof. Dr. H. Zairin Bengkulu Angkatan 1997/1998”, pada tahun 2000.
Penulis berpandangan bahwa antara penelitian ini dengan penelitian pembanding tentu ada kekurangan dan kelebihan dari kedua penelitian tersebut. Penulis juga berpendapat berdasarkan bacaan yang telah dilakukan bahwa :
1.    Pada penelitian pembanding pada kajian teori penelitian pembanding hanya sedikit membahas tentang minat baca pada siswa, sedangkan pada penelitian ini lebih banyak teori pendukungnya.
2.    Penelitian ini mengkaji kontribusi minat baca dengan pengetahuan paragraph terhadap keterampilan menulis berita sedangkan penelitian pembanding hanya mengkaji pada sumbangan minat baca dan penguasaan sintaksis terhadap menulis eksposisi mahasiswa
3.    Metode penelitian yang digunakan oleh kedua peneliti sama, yaitu metode deskriptif korelasional, mencari hubungan dari tiap-tiap variabelnya.
4.     Penelitian ini dan penelitian pembanding tidak terdapat teori yang membahasa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca pada siswa.
5.    Dari hasil penelitian keduanya kontribusi minat baca pada keterampilan menulis sangat jauh berbeda, penelitian ini kontribusinya minat baca terhadap ketrampilan menulis adalah sebesar (14,7%) sedangkan pada penelitian pembanding, kontribusi minat baca pada ketrampilan menulis hanya sebesar 0,32 %.  
Oleh karena itu, penelitian ini dinilai lebih baik daripada penelitian pembanding.

IV.      Penutup
Secara pragmatis peneliti bertujuan mengajak pembaca secara tidak langsung melalui penelitian ini untuk bersungguh-sungguh dan memperhatikan minat baca siswa  di sekolah sehingga dengan membaca, siswa akan bertambah wawasannya, dan mampu membantu siswa untuk kreatif yang dapat menciptakan sesuatu yang produktif, seperti kegiatan menulis.
Jadi penulis juga setuju dengan pandangan peneliti terhadap peningkatan dan perhatian pada minat baca pada siswa, karena dengan banyak membaca kita akan meningkatkan cara berpikir kita agar bisa kreatif.

V.       Sumber
Syanurdin. 2000. “Sumbangan Minat Baca dan Penguasaan Sintaksis terhadap Menulis Eksposisi Mahasiswa Universitas Prof. Dr. H. Zairin Bengkulu Angkatan 1997/1998”. Tesis. Padang: Pascasarjana UNP.
Syofyan, Aghfirli. 2008. “Kontribusi Minat Baca dan Pengetahuan Paragraf terhadap ketrampilan Menulis Berita Siswa SMA Negeri 1 Lubuk Alung”. Tesis. Padang: Pascasarjana UNP.

Categories:
    Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.
    ">Bangko